Berita Dunia Terkini Trump Sebut UE Salah Satu Musuh Terbesar

0

Berita dunia terkini – Dikutip dari halaman matamatapolitik.com, bahwa beberapa jam sebelum bertemu Vladimir Putin, Presiden USA, Donald Trump menyebut bahwa Uni Eropa adalah salah satu musuh terbesarnya, disusul oleh China dan Rusia. Trump juga berkata bahwa ia menghormati para pemimpin negara-negara tersebut, namun dalam hal perdagangan, mereka benar-benar memanfaatkan nya. Bahkan, saat ditanya dalam sebuah wawancara televisi untuk menyebut siapa “musuh terbesarnya secara global saat ini”, Presiden Amerika Serikat itu memulai dengan menyebut Uni Eropa, sebelum menyebut lawan-lawan tradisional lainnya seperti Rusia dan China. Beberapa jam sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Theresa May mengungkapkan bahwa Trump menyarankan agar May “menuntut Uni Eropa” daripada bernegosiasi soal Brexit.

Trump pikir Uni Eropa adalah musuhnya, sebab apa yang mereka lakukan pada Trump dalam hal perdagangan. Sekarang ia tidak akan memikirkan Uni Eropa, karena Trump menganggapnya musuh. Begitulah ujar Trump kepada CBS News di resor golf Turnberry di Skotlandia. Pembaca berita Jeff Glor dengan terkejut menjawab: “Banyak orang mungkin terkejut mendengar Anda memasukkan Uni Eropa dalam daftar musuh, sebelum China dan Rusia.” Namun Trump tetap bersikeras bahwa Uni Eropa benar-benar memanfaatkannya dalam hal perdagangan. Kunjungan kontroversial Trump di Eropa telah membalikkan hubungan Barat pascaperang, di mana presiden itu berdebat dengan para pemimpin Nato di Brussels, dan menyerang strategi Brexit May di surat kabar The Sun.

Pernyataan Trump telah mencerminkan salah satu keyakinan presiden ini: bahwa Amerika dieksploitasi oleh para sekutunya. Donald Tusk, Presiden Dewan Eropa menulis tweet: “Amerika dan Uni Eropa adalah sahabat terbaik. Siapa pun yang mengatakan kami musuh menyebarkan berita palsu.” Berita dunia terkini juga mengabarkan bahwa Trump juga berangkat dari Skotlandia ke Helsinki, di mana para sekutu mulai khawatir tentang seberapa banyak kesamaan yang akan ia dapatkan dengan Putin, ketika mereka bertemu di istana presiden Finlandia. Dikemudian hari, Donald Trump dan Theresa May mengadakan jumpa pers di Chequers, dan hasilnya adalah sikap presiden yang tetap bersikeras bahwa hubungan AS dan Inggris adalah “hubungan khusus tingkat tinggi”.

Demikian berita dunia terkini yang dikutip dari portal matamatapolitik.com. Dimana media ini merupakan media perintis yang menghadirkan karya jurnalisme lokal dan internasional dengan aktual, padat, dan terkini agar mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan informasi dalam dunia politik Indonesia ataupun masyarakat Internasional dalam Bahasa Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.