Uniknya Sejarah Kalung, Gelang Dan Anting Berlian Asli

0

Tahukah Anda, bahwa ternyata aksesoris atau perhiasan sudah dikenakan oleh orang-orang zaman terdahulu setidaknya sekitar 40 ribu tahun yang lalu. Beberapa penemuan arkeolog pun bahkan menemukan bahwa  perhiasan tertua terbuat dari tulang-tulang kecil, kayu, batu dan elemen alam lainnya, termasuk anting berlian asli yang bahkan sampai saat ini masih digunakan di zaman modern sebagai perhiasan.

Setelah memasuki zaman prasejarah maka selanjutnya masa-masa ketika logam mulai dikenal. Perhiasan dengan jenis logam terlihat dari zaman mesir kuno dimana banyak orang menggunakan perhiasan logam tersebut. 

anting berlian asli
anting berlian asli

Kalung dijadikan perhiasan 

Sementara itu, kalung yang pertama kali menggunakan berbagai batuan mulia seperti mutiara, permata, hingga berlian, dimulai pada abad kekaisaran Romawi. Sejak zaman ini, tingkat popularitas dari kalung sebagai perhiasan terus mengalami peningkatan bahkan terus berkembang hingga abad ke-14. Kemudian, memasuki abad pertengahan disebutkan bahwa kalung perhiasan menjadi sebuah lambang status sosial dari masyarakat yang ada di Eropa. Menariknya, sistem seperti ini terus digunakan hingga sampai saat ini. 

Terbukti dengan banyaknya media yang mengungkapkan bahwa dengan menggunakan perhiasan dari batu permata, membuat orang-orang terlihat lebih menonjolkan sisi sejahtera, glamor, dan berbagai nilai lebih dalam kehidupannya. Maka dari itu, perhiasan pun semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang ingin mendapatkan pengakuan status sosialnya. 

Gelang sebagai perhiasan sejak zaman prasejarah

Tak hanya kalung, gelang pun dianggap sebagai salah satu perhiasan tertua yang pernah dikenakan oleh manusia. Setidaknya, bukti-bukti ini didapatkan dari penggalian arkeologi di Turki yang menemukan sebuah artefak kuno sekitar 7.500 tahun sebelum Masehi dan terbuat dari batuan obsidian. 

Dari hasil penyelidikan penemuan tersebut, ditemukan bahwa pengguna gelang tidak hanya berpusat pada perempuan saja, melainkan juga pada laki-laki, baik dalam bentuk gelang emas, ataupun gelang dengan materi perunggu serta dengan desain yang lebih rumit. 

Layaknya kalung, gelang yang terbuat dari emas pun mulai populer di masa Mesir Kuno. Di lain sisi, pada zaman Yunani Kuno, gelang tidak hanya terpaku dari materi nya saja, melainkan dari bentuk yang ada. Dengan kata lain, semakin rumit dan sulit bentuk atau pembuatan gelang tersebut maka akan semakin menarik di mata orang-orang yang memakainya kala itu. 

Ada satu hal yang menarik dari perkembangan gelang sebagai perhiasan ini. Pada Abad ke-20 ternyata gelang dari bahan plastik sempat menjadi populer berkat adanya bentuk serta warna yang lebih menarik perhatian. Gelang plastik ini menjadi perhiasan di kalangan anak-anak serta remaja pada abad tersebut. Bahkan, gelang dari plastik ini masih terus populer hingga tahun 80-an. 

Sejarah di balik anting sebagai perhiasan 

Sama seperti kalung dan gelang, para arkeolog yakin bahwa anting telah digunakan sejak 1500 tahun yang lalu dan di pakai tidak hanya pada perempuan, tetapi juga oleh para lelaki. Penggunaan anting pun berlanjut pada masa Yunani Kuno dimana anting, seperti anting berlian asli digunakan sebagai lambang kemakmuran pada saat itu. 

Selanjutnya perkembangan anting pun mulai bervariasi ketika memasuki zaman kejayaan Romawi dimana hampir semua orang menggunakan hiasan batu berwarna untuk anting mereka. Namun sayangnya, pada abad ke-11 hingga awal abad ke-16 penggunaan anting sempat hilang berkat adanya sebuah tren baru dimana orang-orang lebih memilih untuk menutup telinga mereka dengan penutup. 

Perhiasan anting kembali berjaya ketika memasuki akhir abad ke-17 dimana para bangsawan dari Inggris mulai memamerkan kembali perhiasan tersebut sebagai pelengkap penampilan. Perjalanan panjang pun dilalui hingga pada tahun 70-an anting lebih lumrah dikenakan oleh para pria. Biasanya, para pria yang memakai anting ini adalah para pelaut, anggota band, atau pun kelompok kriminal pada saat itu. 

Penggunaan anting bagi pria pun terus mengalami perkembangan dan mengalami perubahan tren hingga saat ini. Dimana para pria kini tak lagi sungkan untuk menggunakan anting berlian asli sebagai penunjang penampilan mereka. 

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai sejarah dan perkembangan dari gelang, kalung, serta anting. Jika Anda tertarik untuk memiliki salah satunya, silahkan langsung mengunjungi www.mondialjeweler.com dan temukan berbagai produk perhiasan terbaik untuk Anda sekarang juga. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.