Syarat Jual Apartemen Alam Sutera

0

Bisnis bidang properti merupakan salah satu bisnis yang akan terus menjanjikan. Salah satunya adalah bisnis jual apartemen Alam Sutera. Hal ini karena harga properti yang kian hari kian mahal dan mengalami kenaikan harga terus menerus. Oleh karena itu, akan menghasilkan keuntungan yang semakin besar pula. Hal inilah yang membuat bisnis ini banyak peminatnya.

Kegiatan jual apartemen Alam Sutera pada dasarnya hampir sama dengan menjual suatu rumah. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi jual beli, sebaiknya ketahuilah syarat-syaratnya terlebih dahulu. Sebisa mungkin syarat-syarat ini harus terpenuhi baik dari pembeli maupun penjualnya. Hal ini untuk menghindari adanya penipuan yang terjadi dari salah satu pihak. 

Syarat Jual Apartemen Alam Sutera

jual apartemen alam sutera
jual apartemen alam sutera
  • Perjanjian pengikatan jual beli 

Pada setiap transaksi apapu, perjanjian merupakan salah satu hal yang selalu terjadi. Salah satunya adalah pernjanjian pengikatan jual beli yang dikenal dengan PPJB. Perjanjian ini harus dibuat hitam di atas putih yang kemudian disetujui oleh kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli. Kesepakatan ini didukung dengan menggunakan materai dan ditandatangani sebagai tanda jadi.

PPJB kemudian diserahkan kepada notaris. Tujuannya adalah ketika membuat akta jual beli atau yang dikenal dengan AJB perjanjian ini telah memiliki kekuatan hukum. Adanya kesepakatan yang tertuang dalam tulisan dan bermaterai ini adalah untuk menghindari penipuan dan untuk memberikan kekuatan hukum.

  • Dokumen yang lengkap

Melakukan kegiatan jual apartemen Alam Sutera haruslah telah memiliki kelengkapan dokumen dari unit apartemen tersebut. Pembeli yang cerdas akan menanyakan bagaimana keadaan dokumen yang ada. Apakah telah lengkap atau belum. Kelengkapan dokumen yang harus terpenuhi ini adalah untuk menghindari timbulnya sengketa pada suatu hari nanti.

Dokumen-dokumen kelengkapannya antara lain dokumen izin lokasi, dokumen prinsip, keterangan izin mendirikan bangunan dan dokumen izin kelayakan unit apartemen. Dokumen-dokumen ini sebisa mungkin harus terpenuhi dulu sebelum melakukan kegiatan atau transaksi penjualan terhadap unit apartemen. Hal ini untuk melindungi konsumen agar tidak terjadi sengketa.

  • Sertifikat hak milik

Sertifikat hak kepimilikan atau dikenal dengan SHM suatu hunian tidak hanya pada kepemilikan rumah saja. Namun juga unit apartemen. Setiap penjual harus memastikan dirinya telah memiliki sertifikat hak milik yang menunjukkan bahwa unit apartemen tersebut memang benar-benar milik Anda yang berhak dijual maupun disewakan. Sertifikat ini merupakan bukti legal atas hak unit apartemen.

SHM unit apartemen dapat berupa salinan dari buku tanah, surat ukur tanah dan gambar dari setiap bagian unit apartemen. Karena sifat dari SHM ini telah terikat oleh hukum, maka akan dapat melindungi konsumen akan legalitas unit apartemen yang dijual.

  • Pembayaran

Pembayaran unit hunian dari hasil jual apartemen Alam Sutera umumnya dilakukan secara cicilan karena harga apartemen yang mahal. Jarang sekali pembeli melakukan pelunasan sekali beli. Harga dari satu unit apartemen ini dapat ditentukan oleh penjual sebagai pemilik apartemen sehingga dapat dijual lebih tinggi dibandingkan saat pembelian, tergantung dari harga pasaran yang sedang ada.

Untuk dapat memiliki satu unit apartemen, sebaiknya pembeli dapat melakukan pembayaran di depan sebagai tanda jadi atau biasa disebut dengan DP (Down payment). Cara ini untuk mengikat unit bangunan yang dibeli agar tidak dibeli lagi oleh orang lain. Umumnya, karena merupakan cicilan, meskipun cicilan belum selesai hunian ini telah dapat ditempati terlebih dahulu.

  • Akta Jual Beli

Akta jual beli (AJB) haruslah segera diurus segera setelah dilakukan persetujuan pembelian. Pengurusan AJB ini dilakukan di dinas pertanahan dengan disaksikan oleh notaris. Pada saat pengurusannya, proses balik nama juga dapat dilakukan, yaitu penggantian nama yang tertera di sertifikat tanah yang sebelumnya nama penjual menjadi pembeli.

Leave A Reply

Your email address will not be published.