5 Langkah Menciptakan Desain Produk Perusahaan 

0

Dalam sebuah perusahaan, tentunya membutuhkan sebuah inovasi dalam menciptakan sebuah produk yang relevan dengan target pasar mereka. Untuk itu, dituntut adanya orang-orang yang paham dalam mengimplementasikan ide menjadi sebuah produk. Mulai dari Product Manager, hingga orang-orang yang dulunya berkecimpung di jurusan desain komunikasi visual. Semuanya dibutuhkan untuk menggali kreatifitas dan pengembangan produk tersebut. 

Untuk itu, bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari tim pengembangan produk sebuah perusahaan, maka ada baikya untuk memahami 5 tahapan wajib yang harus dilakukan sebelum menentukan desain produk yang diinginkan. Kira-kira apa saja tahapan tersebut, simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

jurusan desain komunikasi visual
jurusan desain komunikasi visual

source: https://idseducation.com/wp-content/uploads/2017/05/DKV.jpg

  1. Eksplorasi Ide 

Sebuah tim pengembangan produk di perusahaan biasanya akan mengawalinya dengan eksplorasi ide. Disini, seorang desainer sekalipun dituntut untuk ambil bagian dalam memberikan ide-ide kreatif namun tetap relevan dengan pesan yang disampaikan dari perusahaan. Setelahnya, akan dibuat sebuah rencana, skema, hingga strategi yang nantinya akan berguna untuk tahap lanjutan. Setelah semua sepakat dengan ide yang diusung, barulah akan dilakukan tahapan berikutnya, yaitu: 

  1. Menciptakan desain produk 

Setelah penentuan ide dilakukan dengan seksama, maka selanjutnya adalah kegiatan menciptakan desain produk yang sesuai. Disini, perananan seorang desainer sangat diperlukan dan menjadi ujung tombak. Para desainer dituntut untuk dapat menterjemahkan ide yang telah disepakati tadi menjadi sebuah desain produk yang diinginkan. Namun, di tahapan ini biasanya akan terjadi banyak perdebatan antara desainer dan product manager yang bertujuan untuk mendapatkan satu tujuan yang sama yakni interpretasi desain yang sesuai dengan ide kesepakatan sebelumnya. 

  1. Aplikasi terhadap produk 

Setelah desain yang diciptakan telah disetujui dari berbagai pihak, maka selanjutnya adalah bagaimana mengaplikasikannya kepada sebuah produk. Nantinya desain tersebut akan digunakan kedalam produk, packaging, promosi, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menciptakan posisi brand yang kuat di masyarakat, khususnya bagi konsumen. Seorang desainer dengan bekal ilmu jurusan desain komunikasi visual juga harus mampu memberikan berbagai alternatif desain sesuai kebutuhan produk yang diinginkan oleh perusahaan.

  1. Tes uji coba 

Setelah beberapa tahapan diatas dilakukan dengan tepat dan sempurna, dan telah disetujui oleh berbagai divisi dalam tim, maka saatnya untuk melakukan tahap uji coba atau yang biasa disebut dengan test a/b. Disini akan dilakukan uji coba ke pasaran terlebih dahulu dengan konsep serta desain yang telah diciptakan. Setiap jawaban dari masyarakat akan menjadi sebuah tolak ukur bagi tim pengembangan produk, termasuk kepada seorang desainer yang akan dilihat apakah hasil desainnya cukup menarik atau tidak di mata masyarakat. Biasanya, akan ada beberapa hal yang disesuaikan setelah melakukan tes uji coba ini.

  1. Finishing 

Terakhir adalah tahap akhir atau yang biasa disebut dengan finishing. Setelah melakukan uji coba dan menyesuaikan dengan tanggapan dari masyarakat. Maka desainer harus mengikuti arahan untuk menciptakan desain baru yang sesuai. Jika sudah dilakukan, barulah produk tersebut dipasarkan dan mulai melakukan promosi. Akan tetapi tugas desainer komunikasi visual  tidak berakhir disitu, masih ada beberapa hal yang harus dikerjakan seperti misalnya menciptakan promosi produk yang akurat dan menarik, atau pun menciptakan pengembangan produk lainnya.

Jadi, Apakah Anda tertarik untuk menjadi desainer produk dan bergabung ke dalam tim pengembangan sebuah perusahaan? Jika ya, maka Anda bisa bergabung bersama International Design School (IDS) untuk mendapatkan pembelajaran mengenai jurusan desain komunikasi visual secara lengkap. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.idseducation.com sekarang juga!

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.