Cara Belajar Sepeda Untuk Anak

0

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan, sekaligus juga bisa menjadi kegiatan olaharaga yang tepat bagi anak. Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena di umur masa tumbuh kembangnya, akan banyak sekali mendatangkan manfaat bagi sikecil. Secara tidak langsung anak anda akan terus aktif bergerak sehingga tidak mudah untuk jatuh sakit. Dengan demikian, aktivitas belajar sepeda harus anda ajarkan sedari dini kepada si kecil minimnya sejak ia sudah berusia 3 tahun. 

Adapun beberapa Langkah aktivitas belajar sepeda yang sudah banyak berhasil dilakukan kepada anak, bisa anda ikuti sebagai berikut :

belajar sepeda
belajar sepeda

source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2018-09/74a16c783078d75afea26cfad4c8e32d9b60d264.jpeg

1. Belajar meluncur tanpa pedal

Jangan langsung memerintahkan anak anda untuk langsung mengayuh pedal sepeda, pada saat pertama kali ia belajar bersepada. Alangkah lebih efektif bila anda memulainya dari kegiatan meluncur menggunakan sepeda tanpa menyentuh pedal nya. Hal ini dikarenakan anak anda akan mulai untuk mencoba menyeimbangkan dulu antara tubuhnya dengan sepeda yang dinaiki.

2. Belajar berbelok 

Setelah dirasa anak anda sudah bisa meluncur diatas sepedanya tanpa menyentuh pedal, maka selanjutnya anda bisa mengajarinya berbelok. Pada step ini juga anda jangan menyuruh anak anda untuk menyentuh pedal, melainkan belajar untuk mengemudikan sepeda dengan belokan memutar yang simpel.  Pada tahap ini anak anda akan mudah untuk mengendalikan sepedanya saat akan menuju tahap selanjutnya.

3. Belajar mengendalikan pedal

Nah, saat anak anda sudah bisa meluncur dan berbelok barulah kenalkan ia pada tahap mengendalikan pedal sepedanya. Latih anak anda untuk mulai menekan pedal ke arah bawah sambil meluncur. Dampingi anak anda dengan menempatkan satu tangan anda di sadel sepeda atau bahu sepeda.

4. Belajar menghentikan sepeda.

Berlatih mengerem sepeda tentu menjadi salah satu poin penting untuk diajarkan kepada anak anda saat belajar sepeda. Untuk itu latih anak anda untuk bisa mahir mengerem sepeda tanpa oleng. Variasikan aktivitas belajar sepeda pada poin ini dengan menempatkan benda sekitar 10 meteran di depan sepeda, lalu minta anak anda untuk berhenti pada benda tersebut. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.