Serunya Belajar Puasa Sejak Dini

0

Meski masih kecil dan belum akil baligh, anak bisa diajarkan untuk berpuasa. Memang tidak mudah tapi jika diarahkan dengan benar, belajar puasa dengan anak akan semakin menyenangkan. Apalagi di sela-sela anak puasa terdapat aktifitas yang memacu semangatnya.

Belajar puasa sejak dini mengajarkan pada anak ketika dia sudah beranjak akil baligh tahu akan kewajibannya dalam berpuasa. Memang tidak mudah sebagai orang tua mengenalkan puasa sejak anak masih kecil. Tapi, orang tua bisa mengajarkan secara bertahap dan perlahan. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa digunakan orang tua untuk mengajarkan puasa.

belajar puasa
belajar puasa
  1. Dimulai ajarkan puasa setengah hari

Tidak mudah untuk si kecil jika dia tiba-tiba berpuasa sehari penuh. Ajari secara bertahap agar anak-anak tidak kaget. Lakukan untuk berpuasa setengah hari dahulu. Si kecil bisa mulai berpuasa mulai sahur sampai jam makan siang. Lihat perkembangan si kecil ketika berpuasa selama beberapa hari. Jika sudah siap, bisa dilanjutkan sampai penuh.  Tetap penuhi asupan gizinya dengan memberikan sayur dan buah-buahan.

  1. Dimulai dengan berpuasa jajan

Tips yang kedua adalah memulai dengan puasa jajan kesukaan si kecil. Misalnya si kecil suka makan nuget, sosis, permen, atau kue kesukaannya. Kurangi cemilan tersebut secara bertahap sampai si kecil siap untuk berpuasa sehari penuh. Tapi ingat, orang tua harus sabar atas rengekan si kecil. Karena biasanya orang tua luluh dan tak sampai hati jika anaknya sudah merengek.

  1. Ajarkan arti puasa pada si kecil dan tradisi uniknya

Selama mengajarkan puasa, orang tua juga bisa memberikan pengertian dan manfaat dari berpuasa. Mulai dari arti puasa, manfaat puasa untuk kesehatan, kewajiban puasa untuk umat Islam. Selain itu, kenalkan juga tradisi-tradisi unik selama berpuasa, misalnya melakukan salat tarawih, ngabuburit, dan lain sebagainya.

  1. Masak makanan favorit si kecil

Agar lebih semangat puasa, orang tua bisa menyiapkan beberapa makan favorit si kecil. Berikan sebagai bentuk penghargaan karena si kecil sudah bisa melalui seharian tanpa makan dan minum. Libatkan anak ketika memasak makanan favoritnya agar lebih termotivasi.

Empat tips di atas bisa dilakukan orang tua untuk memulai belajar puasa pada anak. Meskipun tidak mudah, tapi mengajarkan puasa sejak kecil sangatlah penting. Tidak perlu perlu memaksakan anak di luar batas kemampuannya. Tunjukkan pada si kecil bahwa puasa itu menyenangkan. Yuk, kenalkan sejak dini serunya ibadah puasa! Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.