Penetapan Kredit Motor Syariah Bank Danamon Tanpa Riba

0

Cara untuk membeli sebuah kendaraan bermotor dengan cara mencicil atau mengangsur dan mengaplikasikannya dengan mekanisme syariah merupakan kredit motor syariah. Sesuai dengan namanya bahwa kredit motor secara syariah ini sesuai dengan ajaran agama Islam, yaitu dengan tidak menetapkan bunga pada setiap bulannya. Sehingga hal ini dapat meminimalisir adanya resiko riba.

Penerapan Kredit Motor Syariah di Bank Danamon Syariah

Bank Danamon Syariah telah menetapkan pembiayaan kendaraan motor secara kredit dengan menggunakan sistem murabahah, yaitu akad jual beli di antara nasabah dengan pihak bank untuk melakukannya. Pastinya ada beberapa syarat dalam penerapannya.

kredit motor syariah
kredit motor syariah

Berikut ini penerapan kredit motor tanpa adanya riba di Danamon Syariah, diantaranya:

  1. Mempunyai Penghasilan yang Tetap

Penerapan pertama yang dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak bank Danamon Syariah yaitu bahwa nasabahnya mempunyai penghasilan yang tetap dan cukup supaya bisa memastikan pihak bank bahwa Anda mempunyai kemampuan dalam membayar angsuran kredit setiap bulannya.

Tidak hanya itu saja karena Anda sebagai nasabah yang ingin membeli motor secara kredit juga wajib menyiapkan uang muka. Sedangkan cicilan yang lainnya wajib dilunasi dulu supaya proses kepemilikan motor bisa dilakukan.

  1. Mempunyai Mental Amanah

Mempunyai mental amanah pastinya akan memberikan dampak positif bagi diri sendiri dalam membayar cicilan motor yang Anda kredit. Dampak positif tersebut akan berpengaruh terhadap analisis kredit yang akan dievaluasi dengan cara mensurvei tempat tinggal yang Anda tempati. Dengan cara inilah maka analisis kredit akan lebih meyakinkan pihak pemberi kredit.

  1. Mematuhi Kesepakatan

Jika proses kredit motor syariah sudah disetujui oleh pihak bank Danamon Syariah, maka Anda diharuskan untuk membayar angsuran secara tepat waktu di setiap bulannya. Jangan sampai tidak membayar atau terlambat karena hal ini sangat berpengaruh terhadap analisis kredit yang Anda miliki.

  1. Berkas-Berkas Legal

Berkas legal yang sangat dibutuhkan dalam pengajuan kredit motor syariah yaitu seperti Kartu Keluarga atau KK, KTP, penghasilan atau slip gaji, maupun dokumen lain yang diminta oleh pihak bank Danamon Syariah.

Dengan beberapa penerapan kredit motor seperti yang ada di atas, maka dapat memaksimalkan peluang supaya kredit yang diajukan dapat segera diproses dengan baik. Selain itu pelunasan cicilan juga bisa lancar, sehingga motor dapat menjadi milik Anda sepenuhnya jika cicilan sudah lunas semua.

  1. Riwayat Keuangan

Bank Danamon Syariah akan melihat riwayat keuangan Anda melalui sistem secara online, karena sekarang ini segala sesuatu informasi bisa dicari secara online. Bank Danamon Syariah akan memastikan bahwa Anda tidak masuk sebagai daftar nasabah backlist atau yang sudah masuk dalam daftar hitam. Biasanya orang yang masuk ke dalam daftar blacklist ini karena angsuran tidak tepat waktu atau menunggak.

Bahkan bisa juga karena tidak pernah membayar. Untuk itu sebelum mengajukan kredit motor pastikan bahwa Anda tidak mempunyai urusan dengan pihak bank lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.