Keunggulan Bayar Tagihan BPJS Melalui Bank Sinarmas

0

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS adalah sebuah program yang dihadirkan pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Ketika ingin menjadi anggota BPJS,  Anda harus membayar premi untuk mendapatkan fasilitasnya. Besar tagihan BPJS yang harus dibayar setiap bulan tergantung kelas yang dipilih. Kelas paling tinggi dengan iuran paling besar adalah Kelas I, selanjutnya Kelas II, dan paling rendah adalah Kelas III.

BPJS bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia untuk memudahkan anggota dalam membayar premi BPJS setiap bulan. Jadi masyarakat tidak harus datang langsung ke kantor BPJS untuk membayar tagihan. Salah satu bank yang bekerja sama dengan BPJS yaitu Bank Sinarmas. Berbagai keunggulan dihadirkan apabila Anda bayar tagihan melalui bank satu ini. Apa saja keunggulannya? Berikut di antaranya:

tagihan bpjs
tagihan bpjs

Bisa Dilakukan Melalui ATM

ATM atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan salah satu fasilitas yang pasti diberikan oleh setiap bank. Adanya mesin ATM bisa membantu nasabah untuk melakukan transaksi perbankan tanpa datang langsung ke kantor cabang. Jika memilih membayar tagihan melalui mesin ATM, Anda hanya perlu memasukkan kartu ATM dan PIN di mesin ATM.

Selanjutnya pilih menu Pembayaran lalu sub menu Layanan Umum. Masukkan jumlah bulan yang ingin dibayar + 88888 (kode pembayaran) + nomor kepesertaan. Jangan sampai lupa untuk mengambil kartunya sebelum meninggalkan mesin ATM.

Bisa Dilakukan Secara Online

Membayar tagihan BPJS melalui mesin ATM mengharuskan Anda untuk meluangkan waktu datang ke lokasi mesin ATM. Padahal tidak semua wilayah dekat dengan mesin ATM. Jika mesin ATM jauh dari rumah, Anda bisa membayar tagihan secara online melalui internet banking dan mobile banking. Kelebihan menggunakan m-banking yaitu lebih cepat dan lebih hemat karena tidak ada biaya transportasi.

Caranya hampir sama, pilih Menu Pembayaran dan sub menu Layanan Umum. Lalu masukkan kode pembayaran + nomor kepesertaan pada IDPEL dan jumlah bulan yang ingin dibayar pada Jumlah Bulan.

Bisa Dilakukan Melalui Kantor Bank

Apabila Anda tidak memiliki layanan m-banking atau internet banking, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat untuk membayar tagihan. Langsung saja datang ke Teller dan katakan bahwa Anda ingin membayar tagihan. Teller nantinya akan memproses pembayaran Anda setelah meminta informasi berupa nomor kepesertaan BPJS. Jangan lupa meminta bukti transaksi pada Teller agar Anda memiliki bukti jika sudah membayar tagihan bulan tersebut.

Proses Cepat

Anda yang sering membayar tagihan berdekatan dengan tanggal jatuh tempo mungkin merasa khawatir membayar tagihan melalui bank. Salah satu kekhawatiran paling besar yaitu proses berjalan lama sehingga Anda akan terkena denda karena dianggap terlambat. Namun tenang saja, proses pembayaran yang dilakukan bisa berjalan secara real-time atau saat itu juga. Apalagi jika Anda menggunakan layanan m-banking maka proses pembayaran bisa semakin cepat.

Biaya Terjangkau

Hampir semua bank dan e-wallet memberikan biaya administrasi pada transaksi pembayaran BPJS atau tagihan lainnya. Hal tersebut wajar karena proses transaksi dilakukan melalui satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Dibandingkan dengan bank lainnya, biaya administrasi yang dibebankan cukup terjangkau. Besarnya biaya yang dibebankan pada nasabah yaitu hanya Rp2.500 saja per transaksi.

Itulah berbagai keunggulan yang bisa Anda rasakan apabila memilih untuk membayar tagihan BPJS melalui Bank Sinarmas. Dengan kemudahan yang dihadirkan di atas, maka Anda bisa terhindar dari denda akibat telat bayar tagihan. Semoga informasi yang diberikan di atas bisa membantu Anda. Lebih lengkapnya mengenai layanan ini bisa Anda lihat langsung di website banksinarmas.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.