Tips Sebelum Melakukan Pengajuan Kartu Kredit

0

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang menawarkan banyak sekali manfaat bagi penggunanya mulai dari potongan harga saat belanja, cashback pembayaran tertentu, dan masih banyak yang lainnya. Penawaran menarik tersebut tentu saja menggiurkan bagi sebagian besar orang hingga ingin memiliki kartu kredit sendiri.

Jika dimanfaatkan dengan baik, kartu kredit memang memiliki banyak keuntungan bagi penggunanya. Namun sebelum melakukan pengajuan kartu kredit, Anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini:

Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran kartu kredit bisa dilakukan melalui dua cara yaitu melunasi semua tagihan dalam satu bulan atau melakukan pembayaran minimum. Anda perlu memiliki prinsip dalam pembayaran tagihan ini agar tidak menjadi beban finansial. Pasalnya ada konsekuensi yang akan didapatkan apabila belum membayar tagihan kartu kredit.

pengajuan kartu kredit
pengajuan kartu kredit

Suku Bunga

Suku bunga menjadi hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika akan mengajukan pembuatan kartu kredit. Sebaiknya cari bank penerbit kartu kredit yang memberikan suku bunga rendah. Namun pastikan suku bunga tersebut berlaku untuk jangka waktu panjang. Karena beberapa bank terkadang menawarkan suku bunga rendah hanya sebagai bentuk promo saja.

Limit Kartu Kredit

Pada kebanyakan jenis kartu kredit, Anda akan dikenakan limit tertentu untuk membatasi jumlah transaksi. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan setiap pembayaran dengan kartu kredit agar tidak melebihi limit. Pasalnya transaksi hingga overlimit hanya menjadi beban utang karena pihak bank akan menerapkan tambahan biaya pada kartu kredit Anda.

Akses dan Layanan

Fungsi kartu kredit adalah memberikan keuntungan dan kemudahan bagi Anda pemakainya. Oleh sebab itu sebelum melakukan pengajuan kartu kredit, Anda perlu mempertimbangkan akses dan layanan yang ditawarkan. Akses berhubungan dengan luasnya jaringan yang ditawarkan, sedangkan layanan berhubungan dengan apa saja fasilitas yang diberikan misalnya internet banking dan mobile banking.

Insentif

Insentif biasanya diberikan pada pengguna kartu kredit yang aktif menggunakannya dalam bertransaksi. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan misalnya seperti reward tertentu, diskon atau cashback dari transaksi yang dilakukan, serta gratis iuran tahunan. Sebaiknya cari bank dan kartu kredit yang menawarkan banyak insentif agar Anda mendapatkan banyak keuntungan. 

Biaya Tambahan

Bank penyedia kartu kredit tidak hanya mengajukan tagihan berupa pengeluaran dan bunga saja namun juga beberapa biaya tambahan. Beberapa contoh biaya tambahan yaitu denda, biaya administrasi, cetak tagihan, penarikan uang tunai, dan lain sebagainya. Pahami dengan baik berbagai macam biaya tambahan tersebut. Jika dirasa merugikan, sebaiknya cari jenis kartu kredit lainnya.

Asuransi

Kartu kredit menjadi salah satu produk bank yang selalu berinovasi. Salah satu inovasi baru dari produk ini adalah adanya asuransi untuk pemegang kartu kredit. Beberapa asuransi yang menguntungkan yaitu asuransi jiwa, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, asuransi pembelian barang, dan lain sebagainya. Asuransi ini bisa menguntungkan Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Keamanan

Keamanan yang baik membantu Anda meminimalisir penyalahgunaan kartu kredit yang masih sering terjadi. Carilah produk kartu kredit dengan keamanan terbaik agar tidak bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Memiliki kartu kredit memberikan banyak keuntungan apabila digunakan dengan bijak. Jika memang berniat untuk melakukan pengajuan kartu kredit, Anda bisa memilih Secure Credit Card dari Bank Sinarmas.

Kartu kredit ini memberikan beberapa benefit seperti gratis iuran bulanan, diskon, cashback, nilai tukar kurs menarik, hingga persyaratan yang mudah. Selain itu, Secure Credit Card ini juga bisa diajukan secara online melalui website banksinarmas.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.