Tips Mencegah dan Memberikan Makanan Untuk Diare Pada Anak

0

Sebagai orang tua, Anda harus menjaga kesehatan anak sebaik mungkin. Dengan memperhatikan pola makan dan kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dan makanan akan membuat anak terhindar dari sakit, terutama diare. Tetapi jika anak terlanjur mengalami diare, Anda bisa merawatnya dari rumah saja serta memberikan makanan untuk diare yang dianjurkan bagi anak.

Apa Saja Rekomendasi Makanan Saat Anak Diare?

Ketika si kecil diare, ia bisa buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari. Badan bisa lemas, mual, pusing, dan disertai demam. Untuk mencegahnya mengalami dehidrasi, Anda perlu memberikan asupan ASI dan makanan yang cukup.

Pemilihan makanan bagi anak yang diare juga tidak boleh sembarangan. Anda bisa memberikan beberapa makanan berikut ini:

makanan untuk diare
makanan untuk diare

1. Buah Pisang

Pisang mengandung pektin yang dapat meningkatkan tekstur kotoran supaya mengeras. Selain rasanya enak dan pasti disukai oleh anak, pisang juga mudah dicerna dan bisa membantu elektrolit yang hilang saat tubuh kehilangan nutrisi dan cairan ketika diare.

2. Makanan Mengandung Probiotik

Selain pisang, Anda bisa memberikan makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik. Bakteri baik tersebut diperlukan untuk membantu mengatasi diare yang disebabkan oleh infeksi. Beberapa makanan yang mengandung bakteri baik antara lain tempe, tahu, yoghurt, atau makanan dan minuman fermentasi lainnya.

3. Nasi Putih

Nasi putih juga penting untuk diberikan ketika anak mengalami diare. Nasi putih memiliki kandungan serat yang rendah sehingga mudah dicerna. Anda bisa mengolah nasi putih dengan kaldu atau polos.

Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Anda bisa melakukan beberapa pencegahan supaya anak terhindar dari diare. Misalnya dengan menerapkan beberapa hal berikut ini:

  • Memberikan menu makanan yang bersih, sehat, dan bergizi.
  • Membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  • Memberikan ASI eksklusif.
  • Menutup makanan agar tak dihinggapi lalat.
  • Menjaga kondisi lingkungan tetap bersih.

Anda bisa melakukan pencegahan di atas supaya anak tidak terkena diare. Selain itu, Anda juga dapat memberikan makanan untuk diare di atas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.