Ban Terbaik

Ganti dengan Ban Terbaik Jika Menemukan 7 Ciri Berikut!

Ban merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah mobil karena meningkatkan keselamatan. Pastikan Anda menggunakan ban terbaik agar selamat selama perjalanan. Ada beberapa ciri yang perlu Anda perhatikan saat memiliki mobil. Jika menemukan ciri-ciri ini, maka Anda harus segera mengganti ban dengan yang baru. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

7 Ciri Anda Harus Mengganti Ban Mobil

Karena ban merupakan komponen yang penting dari sebuah mobil, maka Anda harus segera menggantinya jika terjadi masalah. Berikut ini adalah ciri Anda harus mengganti ban mobil dengan produk terbaik:

1. Permukaan Ban Retak atau Pecah

Cobalah amati permukaan dari ban mobil Anda. Jika ada retakan atau pecahan, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Retakan atau pecahan tersebut meningkatkan risiko kebocoran. Lebih parahnya lagi ban bisa pecah saat mobil dipakai. Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya ketika terjadi di jalanan.

2. Pola Kembangan Mulai Hilang

Ciri paling mudah untuk dilihat yaitu pola kembangan pada ban yang mulai hilang. Fungsi dari pola kembangan tersebut yaitu meningkatkan pengendalian dan traksi saat berkendara. Jika pola kembangan mulai hilang atau aus, maka performanya juga akan berkurang. Jalanan yang basah biasanya akan lebih licin karena ban kehilangan daya cengkeraman.

3. Ban Aus Namun Tidak Merata

Bukan hanya pola kembangan yang mulai hilang, keausan yang tidak merata juga berbahaya. Jadi, ban yang ausnya tidak merata tetap harus segera diganti. Biasanya, keausan yang tidak merata pada ban ini menunjukkan masalah pada sistem suspensi. Perlu dilakukan penyetelan ulang kaki-kaki mobil atau mengganti ban baru untuk memastikan keselamatan secara keseluruhan.

4. Performa Rem Menurun

Ternyata, performa ban juga berpengaruh pada performa pengereman. Apabila pengeraman sudah tidak maksimal, maka Anda harus mengecek ban mobil. Cirinya yaitu jarak pengereman kendaraan terasa lebih panjang atau pedal rem menjadi tidak responsif. Hal tersebut terjadi karena daya cengkram ban terhadap permukaan jalan tidak lagi bagus. Banyak ban terbaik baru yang bisa memastikan performa sistem pengereman berjalan dengan optimal. 

5. Kualitas Traksi Menurun

Bukan hanya sistem pengereman saja, ban mobil terbaik juga memberikan pengaruh pada kualitas traksi. Ban berkualitas memberikan traksi yang baik saat berkendara. Jika kualitas traksi terasa menurun, terutama pada kondisi jalanan basah dan licin, maka Anda harus segera mengganti ban. Pasalnya, ban sekarang sudah tidak bisa memberikan traksi yang optimal sehingga harus diganti dengan yang baru. 

6. Efisiensi Bahan Bakar Menurun

Jika ban Anda aus, maka membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Begitu juga ban yang tidak sesuai kondisi jalan juga membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Ketika efisiensi bahan bakar menurun, maka Anda bisa mencari ban yang tepat. Ban berkualitas meningkatkan efisiensi bahan bakar secara signifikan. Selain mengganti ban, Anda juga perlu melakukan service mesin secara berkala.

7. Kondisi Permukaan Jalan yang Dilalui

Ciri Anda harus mengganti ban dengan yang baru yaitu ketika sering berkendara di permukaan jalan yang rusak atau berlubang. Pasalnya, jalanan tersebut bisa membuat ban lebih mudah aus atau rusak. Jadi, sesuaikan pilihan atau tipe ban mobil dengan kondisi jalan yang akan Anda lalui. 

Sudah tahu apa saja ciri pada ban mobil yang harus diganti? Rekomendasi ban terbaik untuk mobil ditawarkan oleh Dunlop. Brand satu ini menawarkan berbagai macam model dan tipe ban mobil. Mulai dari ban untuk jalanan beraspal, off-road, dan lain sebagainya. Pengalaman berkendara dengan ban yang berkualitas tentu saja berbeda dengan ban biasa. Jadi, jangan ragu membeli ban dari brand Dunlop.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *